Cara Membuat Animasi Power Point

                   Bertemu lagi dengan saya yang saat ini akan masih bersama Power Point. Setelah banyak tutorial yang kita bahas mengenai Power Point, saya akan menambah tutorial lain agar Presentasi Anda menjadi lebih baik lagi. Untuk pertemuan kali ini kita akan beranjak ke salah satu pelengkap Presentasi yaitu Animasi.


Cara Membuat Animasi Power Point
Cara Membuat Animasi Power Point


                    Animasi merupakan variasi dalam Presentasi yang berperan untuk mengatasi kejenuhan yang dialami Audien. Dengan adanya Animasi pula, Presentasi yang kita bawakan akan terlihat lebih berkelas. Hal tersebut tentunya akan membuat Presentasi kita dapat terserap dengan baik oleh para Audien. Dan Presentasi yang kita paparkan akan lebih mudah disetujui.

                    Untuk mewujudkan hal-hal tersebut, maka saat ini saya akan berbagi mengenai Cara Membuat Animasi Power Point. Saya sarankan lebih dahulu mengikuti Cara Setting Transisi Power Point sebelum membuat Animasi.Perhatikan baik-baik yang akan saya sampaikan saat ini. Jangan sampai ada yang terlewat.

Cara Memilih Animasi Yang Tepat

- Gunakan Animasi yang tidak terlalu panjang, karena hal tersebut dapat memicu kesan norak.

- Jangan gunakan Animasi yang berlebihan. Misal Animasi yang gerakannya bermacam-macam.

- Lebih baik menggunakan Animasi yang sedikit. Maksudnya, jangan gunakan Animasi di setiap kata yang ada. Cukup satu paragraf sekalian atau satu teks sekalian. Jika ada gambar lebih baik diberi Animasi sendiri. Dan jika gambar lebih dari satu, bisa Animasi sendiri-sendiri atau digabung.

- Jika Presentasi yang kita bawakan adalah Presentasi biasa, maka gunakan Animasi yang berjalan ketika di klik. Namun jika Presentasi akan dibuat video, maka Animasi yang digunakan harus otomatis.

Cara Membuat Animasi Power Point

- Pertama, pastikan file Presentasi kita sudah dibuat. Kemudian kita pilih kalimat atau gambar yang akan kita beri Animasi. Jika kalimat maka blog pada kalimat yang diinginkan. Pilih tab Animations, dan pilih Add Animations. Pilih Animasi yang akan diberikan.


Cara Membuat Animasi Power Point
Cara Membuat Animasi Power Point

- Keterangan : Entrance Effects digunakan untuk Animasi pembuka atau disaat teks atau gambar muncul. Emphasis Effects digunakan untuk Animasi saat teks atau gambar sedang berjalan atau tampil. Exit Effects digunakan untuk Animasi pada saat teks atau gambar menghilang. Motion Paths digunakan untuk Animasi yang gerakannya ada berbagai bentuk, seperti Animasi yang gerakannya berbentuk hati, oval atau yang lainnya. Bentuk-bentuknya dapat digeser dan diubah ukurannya sesuai keinginan kita. Masih di Motion Paths, juga ada Animasi Custom Path yang memungkinkan kita untuk menggambar sendiri jalur gerakan Animasi.


Cara Membuat Animasi Power Point
Cara Membuat Animasi Power Point

- Setelah itu, kita dapat memilih pilihan untuk waktu kemunculannya pada pilihan Start di kanan atas yang masih pada Tab Animations. On Click untuk Animasi berjalan setelah diklik. With Previous, digunakan agar Animasi berjalan otomatis setelah kita Next atau setelah waktu yang ditentukan. After Previous sama seperti With Previous, bedanya After hanya berjalan sendiri dan With dapat berjalan dengan Animasi lain secara bersama-sama. Duration untuk lama Animasi berjalan dan Delay untuk waktu sebelum Animasi berjalan.


Cara Membuat Animasi Power Point
Cara Membuat Animasi Power Point

- Setelah semua selesai, Anda bisa mencoba dengan melakukan Slide Show.

                    Cukup sekian yang dapat saya berikan untuk hari ini. Dan agar Animasi pada Presentasi Anda bertambah menarik, ikuti juga Cara Setting Transisi Power Point.
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. bagus tutorialnya gan,untuk nambah pengetahuan gan mampir donk ke rumah ane www.yayanabusofyan.tk
    barangkali aja nemuin inspirasi di sana.. ditunggu ya kunjungannya

    ReplyDelete